Rabu, 16 Mei 2012, 13:28 –
Ujian Kompetensi Awal (UKA) Guru Pendidikan Agama Islam di Papua

Jayapura, HUKMAS — Empat puluh tiga orang Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Provinsi Papua dijadwalkan akan mengikuti Ujian Kompetensi Awal (UKA) pada hari Sabtu, tanggal 19 Mei 2012 di tiga zona yang telah ditentukan. Zona yang dimaksud ialah Jayapura, Merauke dan Biak. Demikian keterangan yang disampaikan Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Bidang Kependidikan Agama Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua, Teguh Supriyantoro, S.Ag., M.Pd., di ruang kerjanya Selasa (15/05/2012) dan Rabu (16/05/2012).

Peserta UKA adalah guru agama baik PNS maupun non PNS pada sekolah-sekolah dari tingkat SD, SMP, SMA, SMK, di Provinsi Papua yang tentu saja belum disertifikasi. Persyaratan bagi guru PAI yang mengikuti UKA mengacu pada pertimbangan usia yang lebih tua, masa kerja paling lama, belum memasuki masa pra purna bhakti (pensiun), melengkapi persyaratan administratif, serta masuk dalam daftar kuota sesuai yang telah ditetapkan Kasubdit Ketenagaan PAIS Direktur PAI Dirjen Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Empat puluh tiga calon peserta UKA mengacu pada SK yang diterbitkan LPTK XII UIN Alauddin Makassar. Peserta UKA kali ini berasal dari sepuluh kabupaten/kota yaitu Kota Jayapura (6 orang), Kabupaten Jayapura (8 orang), Kabupaten Keerom (6 orang), Kabupaten Merauke (11 orang), Kabupaten Biak (2 orang), Kabupaten Nabire(2 orang), Kabupaten Yapen (1 orang), Kabupaten Waropen (2 orang), Kabupaten Mimika (3 orang) dan Kabupaten Paniai (1 orang).

Lebih rinci dari Kota Jayapura, tercatat 5 orang guru SD, dan 1 orang guru SMP, dari Kabupaten Jayapura 5 orang guru SD, dan 3 orang guru SMA, dari Kabupaten Keerom, 3 orang guru SD, 2 orang guru SMP, dan 1 orang guru SMA, dari Kabupaten Merauke, 7 orang guru SD, 2 orang guru SMP, dan 2 orang guru SMA, dari Kabupaten Biak, 1 orang guru SMP dan 1 orang guru SMK, dari Kabupaten Nabire 1 orang guru SMP, dan 1 orang guru SMK, dari Kabupaten Yapen dan Waropen, 1 orang guru SD dan 2 orang guru SMP, dari Kabupaten Mimika, 2 orang guru SD dan 1 orang guru SMA, serta dari Kabupaten Paniai 1 orang guru SD.

Ujian Kompetensi awal di masing-masing zona akan dilaksanakan di Kantor Kementerian Agama. Kegiatan ini melibatkan Kabid Kependais dan Pemberdayaan Masjid dan Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam pada Kantor Wilayah Kementerian agama Provinsi Papua, serta para kepala seksi Pendidikan Agama Islam di masing-masing Kabupaten, yaitu Biak dan Merauke. Soal UKA dikirim dari Panitia sertifikasi Guru Agama Rayon XII UIN Alauddin Makassar dengan materi ujian sesuai kurikulum PAI yang diajarkan guru yang bersangkutan mengacu pada KTSP yang Berkarakter Kebangsaan. (Dewi)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.029319 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.68
Jumlah pengunjung: 296217
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.